Kualitas Tidur Baik Meningkatkan Produktifitas Hidup

Kualitas Tidur Baik Meningkatkan Produktifitas Hidup

Kualitas tidur ialah hal khusus yang jelas diperlukan tiap orang agar dapat menjalankan serta meningkatkan produktifitas keseharian.

Meskipun rutinitas ini berkesan mudah untuk dilaksanakan karena sisi dari kegiatan rutin, tapi kenyataannya beberapa orang yang kekurangan tidur atau kualitas tidurnya buruk.

Kualitas Tidur yang Baik dapat Meningkatkan Produktifitas Hidup

Bahkan juga, sebagian orang alami susah tidur atau insomnia. Walau sebenarnya, untuk kesehatan fisik dan psikis yang bagus, kita harus tidur memadai dan berkualitas untuk mengembalikan energi yang terkuras sesudah melakukan aktivitas sepanjang hari.

Bagaimana kualitas tidur yang bagus?

Orang dewasa harus tidur rerata sepanjang 7-9 jam per malam, ini bervariatif tiap pribadi. Kemungkinan sebagian orang nyaman dengan tidur 8 jam, ada yang tidur 6-7 jam, dan kemungkinan ada yang sampai 9 jam.

Baca Juga: Kantung Mata Mengganggu Penampilan

Ada pula orang yang tidak dapat bila agenda tidurnya terusik atau alami pengubahan, sementara lainnya memandang hal tersebut bukan jadi permasalahan.

Di bawah ini menjadi pertanda Anda memperoleh tidur yang bagus tadi malam:

  • Anda bisa tertidur dalam kurun waktu 15-20 menit sejak Anda tiduran untuk tidur.
  • Anda tidur sepanjang 7-9 jam setiap hari dengan teratur.
  • Saat Anda telah ada pada tempat tidur, Anda segera dapat tertidur. Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat tidur.
  • Anda bangun tidur dengan hati fresh, seperti tenaga Anda telah berisi kembali.
  • Berasa siap untuk jalani hari Anda dan mampu bekerja produktif selama seharian.
  • Anda tidur dengan nyaman dan tenang, tidak mengorok, alami kesusahan dalam bernapas, resah, atau permasalahan tidur yang lain.

Bagaimanakah Cara Agar Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur?

Kualitas tidur yang sehat bisa meningkatkan kualitas produktifitas hidup Anda pun. Karena itu, sedapat mungkin kita harus memperoleh kualitas tidur yang bagus. Di bawah ini adalah panduan untuk memperoleh kualitas tidur yang bagus.

  1. Lihat apa yang Anda minum dan makan saat sebelum tidur

Tidak boleh tidur di saat Anda berasa lapar, ini bisa membuat tidur Anda kurang nyaman dan Anda dapat terjaga larut malam karena hanya lapar. , tidak boleh makan dekati waktu tidur. Seharusnya konsumsilah 4 jam saat sebelum tidur. Ini membuat keadaan perut Anda tenang saat tidur hingga tidak mengusik tidur Anda.

Disamping itu, awasi konsumsi air Anda saat sebelum tidur. Kebanyakan minum air saat sebelum tidur bisa membuat Anda terjaga larut malam karena ingin buang air kecil. Ini bisa mengusik tidur Anda.

Seharusnya jauhi juga konsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan cafein, seperti kopi, cola, teh, dan cokelat, dan minum alkohol dekati waktu tidur Anda. Kopi bisa membuat Anda tidak berasa mengantuk pada pukul semestinya Anda tidur. Mengakibatkan, kopi bisa mengusik waktu tidur Anda. Sedang alkohol, meskipun kemungkinan bisa membuat Anda mengantuk pada awal, tetapi selanjutnya bisa membuat Anda terjaga dan mengusik tidur Anda pada malam hari.

  1. Buat keadaan kamar Anda senyaman kemungkinan

Umumnya Anda akan tidur semakin nyaman di lingkungan yang membuat Anda nyaman untuk tidur. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk bisa membantu Anda tidur dengan nyaman. Dengan membuat kamar Anda jadi gelap, bisa memberikan signal ke otak Anda jika ini waktunya tidur.

Yakinkan Anda tidur dengan kasur dan bantal yang nyaman. Kasur umumnya telah kurang nyaman jika sudah digunakan sepanjang 10 tahun. Bila Anda share tempat tidur dengan pasangan Anda, yakinkan Anda mendapatkan ruangan yang cukup buat tidur. Bila Anda mempunyai hewan piaraan, coba untuk memutuskan batasan berapa kerap mereka tidur dengan Anda atau mungkin tidak sama sekalipun. Tetapi, ada banyak panduan untuk bikin kamar tidurmu nyaman, mencakup:

  • Pilih bantal dan guling yang pas dan nyaman
  • Pilih seprai dan selimut yang nyaman
  • Atur temperatur kamar supaya tidak begitu dingin atau begitu panas
  • Matikan lampu saat tidur atau pakai penutup mata
  • Bila tidak dapat tidur dalam gelap, gunakan lampu tidur dengan sinar redup
  • Jika posisi rumah dekat pada jalan besar yang berisik, pakai penutup telinga
  • Pasang wewangianterapi yang menentramkan
  1. Kerjakan rutinitas saat sebelum tidur

Ini mempermudah badan Anda lakukan peralihan dari masa bangun sampai waktunya tertidur. Anda dapat lakukan beberapa hal yang membuat Anda rileks saat sebelum bergerak tidur.

Seperti mandi yang bisa mengganti temperatur badan Anda hingga membuat Anda berasa mengantuk, membaca buku, dengarkan musik, atau lakukan olahraga ringan saat sebelum tidur.

Seharusnya waspada memakai alat elektronik, seperti melihat TV, saat sebelum tidur karena beberapa riset memperlihatkan jika ini bisa mengusik tidur Anda.

Jauhi depresi atau rutinitas yang memunculkan depresi, seperti bekerja atau mengulas permasalahan yang bisa memacu emosi Anda.

Rutinitas yang memunculkan depresi secara fisik dan psikis bisa mengakibatkan badan Anda melepas hormon depresi atau hormon kortisol, di mana membuat Anda masih siaga dan tidak mengantuk.

Bila Anda terlatih pikirkan permasalahan saat sebelum tidur, lebih bagus Anda tuliskan permasalahan itu di buku daripada cuman dipikir.

  1. Buat pola tidur yang teratur, bahkan juga diakhir minggu

Tidur dan bangun di saat yang serupa tiap hari, bahkan juga di saat hari liburan bisa membantu Anda memperoleh kualitas tidur yang bagus. Disamping itu, ini dapat mengendalikan jam intern badan Anda, hingga badan Anda sendirinya ketahui kapan semestinya tidur dan bangun.

Bila Anda tidak dapat tertidur sesudah 15 menit Anda berusaha untuk tidur, seharusnya Anda bangun dan lakukan hal yang bisa menentramkan Anda. Selanjutnya, coba untuk tidur kembali bila Anda telah berasa capek atau mengantuk. Berusaha untuk tidur dalam waktu lama cuman akan membuat Anda frustasi.

  1. Tidak boleh kembali bergelut dengan handphone saat waktunya tidur

Perlengkapan elektronik bisa pancarkan cahaya biru yang bisa kurangi kandungan melatonin pada tubuh.

Melatonin adalah hormon yang mengatur transisi tidur. Jika kandungannya pada tubuh turun, itu akan membuat kamu susah tidur. Disamping itu, menempatkan handphone dalam capaian tangan bisa juga membuat kamu susah tidur atau mengusik tidur. Bunyi pemberitahuan, getaran, atau sinar yang diakibatkan bisa menggugahmu dari tidur.

  1. Awasi nikotin

Merokok saat sebelum tidur, walau membuat rileks, sesungguhnya tempatkan stimulasi ke saluran darah. Dampak nikotin serupa dengan cafein, dan nikotin bisa membuat Anda terjaga di tengah-tengah malam. Ini harus dijauhi dengan tidak merokok saat sebelum tidur.

  1. Jauhi hewan piaraan dari tempat tidur

Apa hewan piaraan tidur dengan Anda? Ini bisa membuat Anda terjaga di tengah-tengah malam karena alergi atau pergerakan hewan. Yang terbaik ialah tidurkan mereka di lantai bukan pada tempat tidur Anda.

  1. Awasi jam tidur siang Anda atau tidak boleh tidur siang benar-benar

Tidur siang yang lama bisa mengusik tidur malam Anda, khususnya untuk Anda yang memiliki insomnia atau kualitas tidur yang buruk pada malam hari. Bila Anda ingin tidur siang, seharusnya awasi seputar 10-30 menit. Atau bahkan juga Anda tidak membutuhkan tidur siang benar-benar bila tidur siang ialah pemicu Anda tidak bisa tidur pada malam hari.

  1. Kerjakan olahraga teratur

Lakukan olahraga teratur bisa tingkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga teratur bisa membantu Anda bisa lebih cepat tertidur dan tidur dengan pulas. Tetapi, lihat waktu olahraga Anda. Bila Anda lakukan olahraga berat dekati waktu tidur, kemungkinan ini bisa mengusik tidur Anda. Olahraga berat bisa menggairahkan badan Anda untuk melepas hormon depresi (kortisol) yang bisa membuat badan Anda selalu terlindungi dan tidak mengantuk. Seharusnya kerjakan olahraga minimal 3 jam sebelum waktunya tidur Anda atau kerjakan olahraga pada pagi hari