Lakukan Ini Jika Mengalami Rasa Gatal

Lakukan Ini Jika Mengalami Rasa Gatal

Beberapa orang yang mempunyai kisah kulit peka, tentunya jaga diri dengan baiknya agar tidak gatal dan lakukan cara jika mengalami rasa gatal.

Umumnya, mereka sering jaga skema makan, menghindar tumbuhan atau hewan tertentu, tidak menggunakan losion, sampai tidak konsumsi sembarangan obat.

Jangan Menggaruk! Lakukanlah Cara ini jika Kamu Mengalami Rasa Gatal

Beberapa periset di Washington University School of Medicine di St Louis, Amerika Serikat, menjelaskan jika pemicu gatal ternyata berkaitan dalam jumlah reseptor (yang menerima rangsangan pada kulit). Makin berkurang reseptor, makin kemungkinan besar sentuhan dari object luar mengakibatkan gatal.

Faktor-faktor jadi lebih kerap dirasakan saat kita menua untuk mereka yang mempunyai kulit kering atau yang menanggung derita gatal akut. Tetapi rupanya ada beberapa langkah untuk menangani gatal yang menerpa badan.

Biasanya, periset merekomendasikan supaya tidak menggaruk sisi yang gatal itu. Berikut beberapa langkah untuk di lakukan jika mengalami rasa gatal di tubuh yang sudah kami kumpulkan:

  1. Tidak boleh Pakai Pelembab yang Memiliki kandungan Tirai Surya

Bahan kimia apa saja yang bersinggungan dengan kulit Anda bisa mengakibatkan iritasi, terlebih bila Anda telah alami kerusakan eksim atau kulit. Sekian tahun akhir-akhir ini, tirai surya disebutkan jadi “aktor khusus “.

Tirai surya memiliki kandungan komponen –seperti zinc oxide atau titanium dioxide– yang mampu merintangi cahaya UV atau bahan kimia beresiko seperti benzophenone. Dua contoh komponen itu dapat kurangi imbas buruk cahaya UV yang dikeluarkan Matahari.

Namun, kulit Anda dapat alergi pada salah satunya tipe zat yang terdapat di dalam losion.

Bila Anda alami ruam dan gatal di tempat yang sudah dibalurkan pelembab atau losion, stop memakai merk itu selekasnya mungkin. Selanjutnya, minum antihistamin (seperti panduan dokter) dan coba sistem pelindungan kulit lainnya kecuali memoleskan losion.

Sesudah ruam berkurang, Anda kemungkinan dapat memoleskan losion yang direncanakan untuk bayi. Sejumlah besar salah satunya condong memiliki kandungan zat hypoallergenic atau mungkin tidak mengakibatkan alergi.

  1. Pakai es batu atau handuk basah

Saat rasa gatal menerpa, mengambil es batu dan masukan ke plastik kecil. Lalu pakai sebagai kompres pada tempat yang gatal sepanjang beberapa menit. Jika tidak ada es batu, kamu dapat membasahi handuk bersih sama air dingin.

Merilis WebMD, suhu dingin dapat membantu membuat kulitmu mati rasa atau kebas. Akan perlu beberapa waktu sampai rasa gatal raib, sich, tetapi langkah ini pantas dicoba!

  1. Tepok-tepuk wilayah yang gatal

Bila Anda telah betul-betul tidak kuat dengan rasa gatal yang serang, coba menepuk-nepuk sisi yang gatal itu. Lebih bagus tepok-tepuk atau ketuk-ketuk kulit yang di rasa gatal. Langkah ini dilaksanakan supaya tidak muncul goresan-goresan di kulit Anda dan menahan infeksi bakteri terjadi.

  1. Tidak Minum Obat Asal-asalan

Kulit gatal bisa disebabkan karena reaksi alergi beberapa obat herbal atau obat yang dipasarkan bebas. Ruam akan berasa gatal, merah dan terlihat bernoda atau seperti bercak-bercak merah.

Peristiwa ini dapat terjadi beberapa minggu sesudah minum obat baru, tetapi akan jadi lebih baik saat Anda hentikan pemakaiannya dan berikan ke dokter Anda saat Anda lakukan pengecekan di saat mencatatng.

Obat apa saja sesungguhnya bisa mengakibatkan reaksi alergi. Antihistamin (misalkan cetirizine), cream steroid dan pelembab kemungkinan bisa membantu menurunkan rasa gatal.

  1. Pakai gel aloe vera

Gel aloe vera populer punyai dampak yang mendinginkan sekalian menentramkan kulit. Apa lagi jika produk gel aloe vera yang kamu punyai tersimpan dalam kulkas. Bisa saja jalan keluar aman untuk menentramkan kulit yang gatal, dech!

Mencuplik situs Healthline, aloe vera mempunyai kandungan antibakteri, antijamur, dan antiperadangan yang dapat membantu kurangi tanda-tanda gatal-gatal pada beberapa orang dengan keadaan kulit seperti psoriasis dan eksem.

  1. Garuk tempat yang gatal sekalian bercermin

Merilis WebMD, ada langkah unik yang dapat kamu coba untuk menangani rasa gatal tanpa ramai menggaruk. Langkah ini pantas dicoba, bahkan juga yang alami rasa gatal kronis sama dalam kasus eksem.

Triknya, garuklah tempat yang gatal sekalian memerhatikannya melalui cermin. Ini bekerja seperti ilusi optik. Dengan ini, otakmu akan tangkap jika rasa gatal itu telah tertangani. Langkah ini bisa juga menghindar peluang kamu menggaruk begitu kuat sampai mencederai kulit karena kamu awasi.

  1. Hentikan Konsumsi Makanan Tertentu

Alergi makanan bisa mengakibatkan ruam (gatal-gatal) yang hebat. Bisa Anda memperoleh kesan gatal di mulut, bengkak dinding mulut dan bibir. Ditambah, gatal kemungkinan dibarengi rasa panas dan sakit.

Buah-buahan berbulu, seperti kiwi, ialah alergen (pemicu alergi) yang umum. Reaksi alergi akan semakin lebih buruk saat Anda terus menerus konsumsi makanan itu.

Minumlah antihistamin selekasnya mungkin. Reaksi alergi yang kronis (anafilaksis) jarang-jarang disebabkan karena makanan, tapi mempunyai potensi memberikan ancaman jiwa. Siapa yang alami kesusahan bernapas atau kerongkongan berasa seperti dicekik, ini maknanya badan Anda sedang bereaksi pada alergi dan harus menjumpai dokter selekasnya mungkin.

  1. Memakai bahan alamiah

Ada banyak bahan alamiah yang gampang didapatkan dan dapat dipakai untuk kurangi rasa gatal. Seperti diterangkan di situs Medical News Today, colloidal oatmeal atau oatmeal yang digiling lembut, sari cuka apel, sampai baking soda dapat kamu gunakan.

  • Air yang memiliki kandungan larutan colloidal oatmeal dapat menambahkan pelindungan di kulit untuk jaga kelembapannya. Kandungan anti-oksidan dan antiperadangannya bisa juga kurangi iritasi kulit. Banyak produk perawatan kulit yang memakai colloidal oatmeal sebagai bahan unggulannya buat kamu pilih.
  • Sari cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang telah dipakai lama sebagai antiseptik dan disinfektan alami untuk luka. Tidak boleh pakai sari cuka apel di kulit yang terkelupas atau terluka, ya!
  • Baking soda dapat tolong kurangi tanda-tanda keadaan kulit karena jamur karena kandungan antijamurnya.

Jika kamu mempunyai keadaan kulit tertentu, selalu tanyakan dahulu sama dokter saat sebelum coba beberapa bahan ini, ya!

  1. Jauhi Terkena Sinar Matahari Langsung

Beberapa obat membuat kulit benar-benar peka pada dampak cahaya cahaya ultraviolet atau matahari. Beberapa obat tipe ini misalkan: tetrasiklin yang diutamakan untuk jerawat, chlorothiazide untuk tekanan darah tinggi dan beberapa yang memiliki kandungan pemanis bikinan.

Anda tidak memperoleh ruam saat pertama kalinya minum obat itu, tapi ruam akan tampil saat Anda terkena sinar Matahari. Kulit langsung memeras, seperti terbakar.

Alergi cahaya matahari berkaitan dengan Polymorphous Light Eruption (PLE) atau pancaran sinar polimorf yang sentuh kulit manusia. Untuk orang yang kulitnya benar-benar peka, tidak lama sesudah terserang cahaya mentari, kulit orang itu akan berbeda merah, gatal dan perih, khususnya di seputar lengan dan dada.

  1. Menjaga Temperatur Badan

Biang keringat mengakibatkan ruam yang gatal saat Anda kepanasan. Umumnya ruam ini terjadi pada kepala, leher, atau anggota tubuh yang sering terserang lipatan baju, seperti wilayah pinggang karena ikat pinggang, pergelangaan kaki karena kaus lipatan ketiak, dan kaki.

Langkah menanganinya dengan mendinginkan minum antihistamin dan kulit. Jamur berkembangbiak dengan prima pada tempat lembab dan panas, misalnya di bawah payudara dan di wilayah selangkangan. Akan makin kronis bila Anda pasien diabetes.

Upayakan tempat badan itu masih dingin dan kering, tidak boleh overwash karena air bisa hilangkan bakteri kulit “baik “.Disamping itu, berikan cream antijamur seperti Canesten.

  1. Tidak Bergesekan dengan Tanaman Pemicu Gatal

Ruam dan gatal di lengan atau kaki kerap dikarenakan oleh ada contact dengan tipe tanaman tertentu seperti rumput, jelatang (Toxicodendron radicans) atau tanaman lainnya.

Tukang kebun, orang berjalan kaki, pemain golf, dan beberapa anak bisa terimbas saat bergesekan dengan tipe tumbhan itu. Ini bukanlah karena alergi, tanaman itu dapat mengakibatkan iritasi di kulit manusia.

Untuk berbagai informasi lainnya seputar kesehatan bisa kunjungi halaman situs https://sehatdanbugar.net