Masalah Insomnia di Indonesia

01 Masalah Insomnia di IndonesiaMasalah Insomnia di Indonesia merupakan sebuah hal yang menjadi problem yang sering di alami oleh anak remaja selain orang dewasa. Insomnia adalah sebuah keadaan saat orang tidak dapat tidur hingga larut.

Masalah sulit tidur ini akan membuat waktu tidur sang penderita menjadi berkurang. Dan hal tersebut akan membuat penderitanya menjadi tidak fit dalam melakukan kegiatannya setiap hari.

Insomnia ini bisa berlaku dalam waktu yang lama maupun sebentar, untuk insomnia yang sebentar biasa di sebut dengan akut, sedangkan untuk yang lama di sebut dengan insomnia kronis.

Baca juga: Gejala Masalah Kesehatan Berbahaya

Masalah Sulit Tidur Insomnia di Indonesia

Tidur merupakan sebuah proses tubuh yang di manfaatkan untuk beristirahat. Saat kita terlelap, kita akan melalui sebuah siklus dimana mata kita bergerak cepat dan juga lambat.

Dan siklus yang kita sebut diatas biasanya terjadi dari empat hingga lima siklus saat malam hari. Biasanya satu siklus tersebut akan berjalan sekitar sembilan puluh menit. Siklus tersebut akan di lalui dengan empat tahap tidur.

Dan hal tersebut akan berlangsung hingga kita tidur lelap yanbg biasanya di lalui dengan REM dimana proses kita mendapatkan sebuah mimpi.Kita yang mengalami Insomnia memiliki siklus yang akan terganggu sehingga kita tidak dapat terlelap dengan mudah.

Hal ini biasanya akan membuat penderitanya lelah tetapi tidak bisa tertidur. Dan tentunya masalah insomnia pada remaja merupakan kasus yang sering terjadi yang gejalanya dapat kalian lihat sebagai berikut.

Gejala Insomnia

Gejala insomnia mungkin termasuk:

  • Kesulitan tidur di malam hari
  • Bangun di malam hari
  • Bangun terlalu pagi
  • Tidak merasa cukup istirahat setelah tidur malam
  • Kelelahan atau kantuk di siang hari
  • Iritabilitas, depresi atau kecemasan
  • Kesulitan memperhatikan, fokus pada tugas atau mengingat
  • Meningkatnya kesalahan atau kecelakaan
  • Kekhawatiran yang berkelanjutan tentang tidur

Perawatan Kondisi Insomnie

Jika insomnia membuat Kalian sulit untuk berfungsi di siang hari, temui dokter Kalian untuk mengidentifikasi penyebab masalah tidur Kalian dan bagaimana cara mengatasi masalah insomnia. Jika dokter Kalian berpikir Kalian mungkin memiliki gangguan tidur, Kalian mungkin akan dirujuk ke pusat tidur untuk pengujian khusus.

Penyebab Insomnia

Insomnias merupakan sebuah masalah utama yang dapat di kaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya. Penyebab umum insomnia kronis meliputi:

  • Tekanan Pikiran. Rasa khawatir akan berbagai hal mulai dari pekerjaan, kesehatan, keuangan, dan sebagainya akan membuat pikiran kalian terus bekerja yang membuat hal tersebut menjadi peynebab insomnia.
  • Jadwal perjalanan atau kerja. Ritme sirkadian Kalian bertindak sebagai jam internal, memandu hal-hal seperti siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Kalian. Mengganggu ritme sirkadian tubuh Kalian dapat menyebabkan insomnia.Salah satu penyebabnya antara lain adalah Jet Lag yang sering terjadi saat kita bepergian jauh menggunakan pesawat terbang melintasi beberapa zona waktu, atau saat kita melakukan pergantian shift pada pekerjaan.
  • Kebiasaan tidur yang buruk. Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal waktu tidur yang tidak teratur, tidur siang, merangsang aktivitas sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur Kalian untuk bekerja, makan atau menonton TV. Komputer, TV, video game, smartphone, atau layar lain sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur Kalian.
  • Makan terlalu banyak di malam hari. Makan makanan ringan sebelum tidur boleh-boleh saja, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan Kalian merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring.
  • Banyak orang juga mengalami mulas, aliran balik asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan, yang mungkin membuat Kalian tetap terjaga.

Penyebab Insomnia Kronis

Masalah Insomnia kronis juga dapat dikaitkan dengan kondisi medis atau penggunaan obat-obatan tertentu. Merawat kondisi tersebut bisa di lakukan untuk membuat kita lebih mudah terlelap, akan tetapi insomnia tidak hialng walaupun kondisi kita sudah membaik secara media. Masalah Insomnia pada remaja lainnya juga memiliki penyebab umum sebagai berikut.

Penyebab umum tambahan insomnia meliputi:

  • Gangguan kesehatan jiwa. Gangguan kecemasan, seperti gangguan stres pasca-trauma, dapat mengganggu tidur Kalian. Bangun terlalu dini bisa menjadi tanda depresi. Insomnia juga dapat menyerang seseorang yang mengalami gangguan mental jenis lainnya.
  • Banyak yang di jual dengan bebas, baik itu seperti obat pereda nyeri, obat alergi, dan berbagai macam jenis obat lainnya yang mengandung kafein dan juga jenis stimulan lainnya.
  • Kondisi medis. Contoh kondisi yang sering di kaitkan dengan masalah Insomnia antara lain seperti nyeri berkepanjangan, kanker, GERD, jantung, asma, dan masih banyak lainnya.
  • Gangguan terkait tidur. Sleep apnea menyebabkan Kalian berhenti bernapas secara berkala sepanjang malam, mengganggu tidur Kalian.
  • Sindrom kaki gelisah menyebabkan sensasi tidak menyenangkan di kaki Kalian dan keinginan yang hampir tak tertahankan untuk menggerakkannya, yang dapat mencegah Kalian tertidur.
  • Kafein, nikotin, dan alkohol. Berbagai macam minuman yang di manfaatkan sebagai sebuah stimulan. Meminumnya di sore atau malam hari bisa membuat Kalian tidak tertidur di malam hari. Nikotin merupakan sebuah benda yang juga dapat berfungsi sebagai sebuah stimulan yang membuat kita menjadi susah tidur. Alkohol dapat membantu Kalian tertidur, tetapi alkohol mencegah tahap tidur yang lebih dalam dan sering menyebabkan terbangun di tengah malam.

Insomnia dan penuaan

Insomnia menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, Kalian mungkin mengalami:

  • Perubahan pola tidur. Tidur sering menjadi kurang nyenyak seiring bertambahnya usia, sehingga kebisingan atau perubahan lain di lingkungan Kalian lebih mungkin untuk membangunkan Kalian.
  • Seiring bertambahnya usia, jam internal Kalian sering meningkat, sehingga Kalian lelah lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Akant tetapi biasanya orang tua akan memerlukan lama tidur yang sama dengan remaja maupun pemuda.
  • Perubahan aktivitas. Kalian mungkin kurang aktif secara fisik atau sosial. Kurangnya aktivitas dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Selain itu, semakin Kalian kurang aktif, semakin besar kemungkinan Kalian untuk tidur siang setiap hari, yang dapat mengganggu tidur di malam hari.
  • Perubahan kesehatan. Nyeri berkepanjangan seperti inflamasi pada sendi atau masalah pada bagian tubuh biasanya akan menyebabkan kita menjadi lebih susah tidur.  Masalah yang membuat kita merasa ingin buang air kecil terus menerus pada saat malam hari merupakan masalah yang terjadi pada kandung kemih akan membuat kita sulit tidur.
  • Lebih banyak obat. Orang yang jauh lebih tua pada umumnya memanfaatkan obat – obatan dari dokter untuk menjaga fungsi tubuhnya agar tetap normal, hal ini bisa di kaitkan dengan masalah insomnias yang di sebabkan oleh obat – obatan.

Dan itulah sedikti pembahasan tentang mengatasi masalah Insomnia yang dapat terjadi oleh siapapun yang menyebabkan masalah tersebut menjadi parah jika tidak segera di rawat. Dan jika kalian ingin membahas hal lain, maka kalian dapat kunjungi link yang telah kami bagikan diatas.